Orderan palsu atau banyak pengemudi gojek menyebutnya adalah orderan fiktif, ntah orderan sabotase atau iseng terhadap teman atau orderan fiktif melakukan kecurangan terhadap aplikator untuk menambah target point, karena ingin mendapatkan bonus harian. Order fiktif juga kadang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, baik untuk mengerjai pengemudi gojek dan berniat melakukan tindak penipuan terhadap pengemudi transportasi online terutama Gojek.
Order fiktif ini, bisa dibilang sangat merugikan bagi pengemudi gojek baik go-ride dan Go-Car, karena setiap kali pengemudi gojek mendapatkan order fiktif, ketika sipemesan cancel orderan tersebut maupun pengemudi gojek sendiri yang cancel, tindakan tersebut akan mengurangi performa harian atau nilai penerimaan di akun gojek, sehingga insentif harian pengemudi gojek tidak bisa didapatkan, jika performa dibawah ketentuan minimum penerimaan insentif setiap harinya.
Bisa dikatakan, Order fiktif ini merupakan tindakan tidak terpuji, karena order fiktif sangat merugikan bagi pengemudi gojek yang sudah bekerja jujur mencari nafkah untuk keluarganya. Nah, bagi para pelaku order fiktif segeralah bertoubat, karena besar kemungkinan hal ini bisa berbalik dan terjadi pada anda dikemudian hari, walaupun tujuan awalnya hanya iseng, tapi order fiktif tetap sangat merugikan pengemudi gojek dan gocar yang sudah jujur seharian bekerja panas dan kehujanan di jalan mencari nafkah untuk keluarga mereka.
Untuk mengetahui ciri order fiktif atau bukan, sebaiknya pengemudi gojek selalu menghubungi pemesan dan memastikan titik penjemputan, jika nomor telpon tidak bisa dihubungi dalam 15 menit dititik penjemputan bisa jadi itu adalah order fiktif. Ciri-ciri lain dari order fiktif biasanya titik penjemputan dan tujuan terlalu dekat dibawah 500Meter, tapi tetap positif siapa tahu itu bukan order fiktif. Ada juga order fiktif dan orderan hanya didiamkan dan nomor handphone tidak aktif.
Nah, jika pengemudi gojek mendapati ciri ciri orderan fiktif seperti hal tersebut, sebaiknya cancel saja, walaupun performa bisa turun dan berpengaruh pada insentif, karena jika dibiarkan akun gojek tidak akan mendapatkan orderan lagi alias gagu. Untuk cancel orderan fiktif sebenarnya sangat mudah, karena masih banyak teman komunitas driver gojek yang masih bingung dan mungkin masih pemula menggunakan aplikasi gojek, berikut ini akan admin berikan cara cancelnya. Yuk disimak infonya dibawah ini:
Cara cancel order fiktif di aplikasi gojek dan gocar.
1. Lewat Aplikasi Gojek Driver asalkan belum dimulai. Klik di pojok kanan atas klik batalkan pemesanan dan tulis alasan order palsu.
2. Lewat penumpang. Silakan hubungi penumpang dan meminta pesanan dibatalkan.
3. Lewat Call Center Gojek bisa hubungi ke nomor ini 0215023320 keluhan untuk Goride dan call center Gocar di nomor ini 02150533500 silakan menghubungi call center tersebut dan beritahu keluhan pengemudi bahwa anda mendapatkan order palsu.
Pastikan sebelum cancel pemesanan sebaiknya menunggu 15 sampai 20 menit, jika tidak ada respon dari pemesan sebaiknya di cancel saja. Tapi ingat ketika pengemudi cancel sendiri dan di cancel oleh pemesan, hal itu akan mengurangi penilaian harian dan bintang pengemudi yang berdampak pada bonus atau insentif tidak bisa didapatkan.
Post a Comment